Rabu, 16 Mei 2012

Persamaan Garis Lurus 4


Di bab persamaan garis lurus 4 ini, adik-adik akan diajarkan tentang hubungan dua garis dan juga cara cepatnya? Mau tahu dan mau lebih cepat untuk mengerjakan soal? Oke langsung saja simak penjelasanku dibawah ini. Cekidot!


4. Hubungan 2 garis
Disini saya akan memberikan cara cepat s`ja ya, buat adik adik. Karena rumus yang biasa terlalu panjang, dan biasanya kalau tidak teliti juga bisa fatal. Saya tidak menggunakan rumus, saya hanya mengganti variabel dengan angka, atau menukar angkanya.Silahkan membaca:

A) Dua garis sejajar
Hubungan 2 garis sejajar yaitu gradien garis pertama = gradien garis kedua (m1 = m2)

 >>KLIK! untuk memperjelas.


  • Contoh soal
Tentukan persamaan garis yang sejajar dengan 4x + 3y =7 dan melalui (1,2).

BACA!: kalau ditanya sejajar kita hanya perlu menghilangkan konstanta-nya terlebih dahulu, lalu menyalin bilangan yang bukan konstanta, lalu memasukkan nilai variabel yang diketahui.Caranya seperti ini: simak dengan teliti!

>>KLIK! untuk memperjelas.

B) Dua garis tegak lurus
Disini saya tidak menggunakan rumus, hanya menghilangkan konstanta, lalu menukar bilangan dan tanda min plus-nya, lalu disalin, dan hasilnya ketemu.

 >>KLIK! untuk memperjelas.

  • Contoh soal:
Tentukan persamaan garis tegak lurus dengan 3x + 5y = 6 dan melalui (4,2).

BACA!: kalau ditanya tegak lurus kita hanya perlu menghilangkan konstanta-nya terlebih dahulu, lalu menukar bilangan yang semula 5y menjadi 5x, begitupun sebaliknya, dan mengganti tanda min menjadi plus, begitupun sebaliknya, kemudian menyalin bilangan yang sudah dirubah/ditukar, selanjutnya memasukkan nilai variabel yang diketahui. Caranya seperti ini: simak dengan teliti!

 >>KLIK! untuk memperjelas.
Yociexp106
 ~~~~~Selamat Belajar~~~~~