Rabu, 16 Mei 2012

Persamaan Garis Lurus 2


Pada bab persamaan garis lurus 2 ini, adik-adik akan diajarkan mencari gradien jika diketahui oleh beberapa hal, seperti gambar, persamaan, dan dua titik. Mau tahu? Oke langsung saja simak penjelasanku dibawah ini. Cekidot!


2.Gradien
Gradien=kemiringan= m(simbol)

A) Diketahui gambar:
Cara menentukan rumus gradien jika diketahui garis miring pada gambar:


a. condong ke kanan       b. condong ke kiri  
          
Sebelumnya, kalian lihat garis a dan b, kedua garis tersebut berbeda, dan tentu saja rumusnyanya berbeda. Lo kok bisa? Coba lihat gambar garis a, garis a condong ke kanan berarti rumusnya m= y/x. Tetapi kalau garis b condong ke kiri berarti memakai rumusnya sama seperti rumus garis a, tetapi ditambah negatif seperti ini m= -y/x.


Contoh soal: Tentukan gradien pada soal a, b, dan c.
  >>KLIK! untuk memperjelas.
  1. Pada soal a garis merah condong ke kiri, jadi memakai rumus m= -y/x, tinggal masukin aja bilangannya, m= -4/2 = -2, gampang kan?
  2. Pada soal b garis biru condong kemana? berarti memakai rumus apa? tentunya memakai rumus m= y/x, tidak memakai min (-) karena condong ke kanan, tinggal masukin aja bilangannya, m= 6/4 =3/2. Oh iya adik adik, meskipun angka 4 disana adalah -4, kalian hanya memasukkan angkanya saja atau jangan dihiraukan tanda pada angka, khusus untuk rumus ini saja. Loh kenapa? Karena udah dari sananya, kalian hanya menentukan condong kemana, dan rumusnya memakai yang apa? memakai yang m= y/x atau m= -y/x. Mengerti?
  3. Pada soal c garis condong ke kiri, berarti memakai rumus m= -y/x, tinggal masukin aja bilangannya(INGAT!= angka saja yang dimasukkan, tanda paa angka tidak usah dimasukkan juga) m= -7/3, karena tidak bisa disederhanakan, jadi biarkan hasilnya tetap seperti itu.
B) Diketahui persamaan:
 Ada 2 bentuk umum persamaan pada persamaan garis lurus, yaitu:
  1. ax + by + c = 0, cara menentukan gradiennya dengan rumus seperti ini, m= -a/b(INGAT!=kalau diketahui persamaan tanda min plus, diikutkan). Contoh soal: 3X -5Y +2 = 0 ----->>tinggal masukin saja, m= -a/b = -3/-5 = 3/5 (min dari 3 dan min dari 5 di coret/ disederhanakan).
  2. y = mx + c, caranya tidak ada, loh kenapa? karena disana disebelah x sudah ada m/gradien(INGAT!=kalau diminta bentuk seperti ini (y = mx + c), nilai Y harus 1) 1=Y, dan Y=1, jika Y berdiri sendiri berarti nilainya 1, mengerti? Contoh soal: -5Y = -3X -2, cara pertama: setiap suku dibagi 5 agar y bernilai 1/-1, loh kenapa setiap suku di bagi 5 semua? karena kalau bentuknya persamaan suku sukunya harus adil, jika ada satu suku dikali, berarti dikali semua, kalau ada satu suku dibagi, berarti dibagi semua, emang tujuannya untuk menghilangkan nilai tapi nilai semuanya tetap sama/senilai. Kalau sudah dibagi nanti hasilnya seperti ini, Y = 3/5X +2/5, Mudah kan?
  >>KLIK! untuk memperjelas.
C) Diketahui 2 titik:
Menurut saya, ini adalah cara yang paling mudah untuk menentukan gradien.
>>KLIK! untuk memperjelas.

Contoh soal: Tentukan gradien garis yang melalui (1,3) dan (2,6). Caranya seperti dibawah ini.
 >>KLIK! untuk memperjelas.
Yociexp106
~~~~~Selamat Belajar~~~~~