Rabu, 23 Mei 2012

Listrik Statis (Muatan Listrik dan Model Atom)


Adik-adik, pada kesempatan ini saya akan memposting bab listrik statis tentang muatan listrik dan model atom. Mau tahu? Mau pintar? Oke langsung aja baca artikelku ini ya. Cekidot!

1. Muatan listrik
Kaca dapat bermuatan listrik apabila digosok dengan kain sutera. Mistar plastik dapat bermuatan listrik jika digosok dengan rambut. Sebelum digosok semua benda-benda tersebut tidak bermuatan listrik. Benda-benda yang bermuatan listrik bersifat menarik benda-benda kecil yang ringan. Ada muatan listrik positif dan ada pula muatan listrik negatif. 

2. Model atom

>>KLIK! untuk memperjelas.

Tiap atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan atom dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif yang bergerak mengelilingi inti. Inti atom terdiri dari proton bermuatan positif dan neutron yang tidak bermuatan. Jumlah elektron dan jumlah proton pada inti yang netral adalah sama banyak.

Bila satu elektron atau lebih keluar dari atom, maka atom akan bermuatan positif. Sebaliknya bila elektron atau lebih masuk ke dalam sebuah atom netral, berarti atom itu mendapat tambahan elektron sehingga atom tersebut menjadi bermuatan negatif. INGAT! bagian dari atom yang mudah berpindah ke atom yang lain adalah elektron.

 >>KLIK! untuk memperjelas.
 
Yociexp106
~~~~~Selamat Belajar~~~~~