Kamis, 24 Mei 2012

Listrik Statis (Medan Listrik, Induksi Listrik, dan Potensial Listrik)


Adik-adik, pada kesempatan ini saya akan memposting bab listrik statis tentang Medan Listrik, Induksi Listrik, dan Potensial Listrik. Mau tahu penjelasannya? Mau pintar? Oke langsung aja baca artikelku ini ya. Cekidot!

1. Medan listrik
Medan listrik adalah daerah dimana muatan lain akan tertarik atau tertolak. Arah-arah garis gaya medan listrik yang ditimbulkan oleh muatan positif adalah menjauhi muatannya, sedangkan untuk muatan negatif arah garis gayanya menuju muatan tersebut.

>>KLIK! untuk memperjelas.

2. Induksi listrik
Induksi listrik adalah pemisah muatan dalam suatu penghantar, karena penghantar itu didedatkan benda bermuatan.
Generator Van de Graaff adalah alat yang digunakan untuk menimbulkan muatan listrik. Alat ini bekerja berdasarkan gosokan yang dapat menimbulkan induksi listrik.

>>KLIK! untuk memperjelas.

INGAT! jika kita menginduksi suatu penghantar tandanya akan berbeda. Misal ada benda bermuatan negatif dan didekatkan ke suatu penghantar maka akan terjadi penginduksian, dan penghantar akan bermuatan positif (berlawanan tanda dengan benda bermuatan).

3. Potensial Listrik
Potensial listrik disebabkan adanya gaya menolak antara muatan yang sejenis.
Muatan listrik akan mengalir dari potensial tinggi (yang mengandung sedikit elektron) ke potensial rendah (yang mengandung banyak elektron), dan arah elektron dari potensial rendah ke potensial tinggi. Muatan akan mengalir bila adanya perbedaan potensial antara dua tempat.


>>KLIK! untuk memperjelas.

Yociexp106
~~~~~Selamat Belajar~~~~~